IKMB Tampil di Seleksi Mandiri UNNES, Tawarkan ‘Special Price’
[TERIMA HADIAH]: Dua calon mahasiswa tampak menerima ‘merchandise’ setelah melakukan pendaftaran di booth saat kegiatan Seleksi Mandiri di Universitas Negeri Semarang pada Senin (28/07/2025). (ISTIMEWA)
8/7/20252 min read


SEMARANG – Institut Karya Mulia Bangsa (IKMB) yang tengah bertransformasi menjadi Agung Putra University (APU), turut ambil bagian dalam kegiatan Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang berlangsung pada 27–28 Juli 2025 lalu. Kehadiran IKMB dalam acara ini menjadi momentum strategis untuk mengenalkan secara lebih luas perubahan kelembagaan serta program studi unggulan yang ditawarkan kepada calon mahasiswa baru (camaba).
Rektor IKMB, Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, S.T., M.Si., menyampaikan bahwa keikutsertaan dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk membuka akses informasi kepada calon mahasiswa baru dan orang tua terkait proses penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2025/2026.
"Kami ingin memperkenalkan transformasi kami menjadi Agung Putra University, termasuk keunggulan program studi, skema beasiswa serta kemudahan dalam proses pendaftaran," ujarnya.
Ia menambahkan, Seleksi Mandiri UNNES merupakan waktu yang tepat karena menghadirkan ribuan calon mahasiswa dan orang tua di satu tempat. Hal tersebut dimanfaatkan oleh tim PMB IKMB untuk menjangkau target audiens secara tepat sasaran.
"Ini adalah peluang emas untuk memperkenalkan APU sebagai pilihan alternatif yang kompetitif di tengah ketatnya persaingan perguruan tinggi," jelas Prof. Denny, sapaan akrabnya.
Selama dua hari pelaksanaan, tim PMB mengusung pendekatan personal dan interaktif. Informasi kampus disampaikan secara langsung melalui sesi tanya jawab, pembagian brosur serta pemberian merchandise menarik. Selain itu, kampus juga memberikan insentif berupa gratis biaya pendaftaran dan harga spesial selama kegiatan berlangsung.
Prof. Denny juga menyoroti dua program studi unggulan yang ditawarkan, yakni (S1) Ilmu Biomedis dan (S1) Bioteknologi. Kedua program ini didesain selaras dengan kebutuhan industri modern, didukung oleh kurikulum adaptif, dosen praktisi dan jaringan industri yang luas.
"Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dunia kerja sejak dini," tuturnya.
Respon dari pengunjung pun sangat positif. Banyak peserta dan orang tua yang tertarik untuk menggali informasi lebih dalam mengenai kampus dan program studi yang ditawarkan.
"Jumlah pendaftar langsung di booth cukup signifikan, menunjukkan bahwa kehadiran kami mulai mendapat tempat di hati masyarakat," ungkapnya.
Lebih lanjut, IKMB merencanakan partisipasi aktif dalam berbagai event pendidikan lainnya di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya sebagai bagian dari strategi promosi menyambut transformasi menuju Agung Putra University. Rektor menekankan bahwa promosi langsung sangat penting untuk membangun hubungan emosional antara kampus dan calon mahasiswa.
Rektor berharap keikutsertaan ini menjadi langkah awal yang efektif dalam membangun brand awareness APU di masyarakat.
"Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang promosi, tapi juga bentuk komunikasi dua arah mengenai arah dan visi baru APU dalam menjawab tantangan pendidikan tinggi di era industri 5.0," pungkasnya. (L17’UN).