IKMB Buka Stand di Queen City Mall, Sasar Camaba yang Belum Terjaring PTN
[TARIK WNA]: Beberapa pengunjung WNA turut tertarik untuk mengunjungi stand di Queen City Mall pada Sabtu (19/07/2025) malam. (ISTIMEWA)
8/4/20252 min read


SEMARANG – Institut Karya Mulia Bangsa (IKMB), yang tengah bersiap bertransformasi menjadi Agung Putra University (APU), terus menggenjot upaya penerimaan mahasiswa baru (PMB) dengan membuka stand informasi di Queen City Mall Semarang. Kegiatan ini berlangsung selama sepekan, mulai dari 18 hingga 24 Juli 2025 dengan menyasar calon mahasiswa baru (camaba) yang belum lolos seleksi di perguruan tinggi negeri (PTN).
Ketua Tim Gugus Tugas PMB IKMB, Adam Prabowo menjelaskan bahwa pemilihan Queen City Mall sebagai lokasi stand bukan tanpa alasan.
“Mall ini punya segmentasi pasar menengah ke atas. Selain itu, anak-anak dari kalangan Gen Z dan Alpha yang menjadi target utama kami, banyak menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan ini,” ujar Adam, sapaan akrabnya.
Lebih lanjut, Adam menambahkan bahwa sambutan masyarakat terhadap keberadaan stand IKMB di mall cukup positif. Faktor afiliasi IKMB dengan SCCR Indonesia menjadi daya tarik tersendiri, ditambah dengan berbagai permainan dan hadiah menarik yang telah disiapkan untuk para pengunjung.
“Selain promosi program studi, kami ingin memberikan pengalaman interaktif agar pengunjung nyaman dan tertarik mengenal kampus kami lebih jauh,” tandasnya.
Target utama dari kegiatan tersebut tidak lain adalah orang tua dan siswa SMA, terutama kelas XII yang sedang mencari alternatif perguruan tinggi setelah hasil seleksi PTN diumumkan. Dalam kegiatan tersebut, mereka menawarkan dua program studi unggulan, yakni Ilmu Biomedis dan Bioteknologi, serta mengonsep program ‘lulus langsung kerja’ melalui unit bisnis SCCR Indonesia menjadi daya tarik pengunjung.
Adam menyebutkan bahwa mall saat ini bukan hanya menjadi tempat belanja dan kuliner, melainkan juga ruang publik alternatif untuk kegiatan edukasi.
“Mall adalah pusat keramaian dengan lalu lalang orang dari berbagai kalangan. Ini membuatnya efektif sebagai media promosi pendidikan tinggi, karena pengunjungnya sangat beragam dan terbuka terhadap interaksi,” katanya.
Salah satu pengunjung siswa SMA, Nissa mengatakan bahwa kegiatan tersebut mampu menjawab keinginannya untuk melanjutkan pendidikan usai SMA.
“Saya bisa mengenal program studi yang sekiranya dapat saya ambil sesuai dengan minat saya,” tegasnya.
Harapan ke depan, pembukaan stand di Queen City Mall bisa menjadi solusi bagi para siswa yang belum mendapatkan tempat kuliah. “Bagi yang belum diterima di PTN atau yang masih bingung menentukan pilihan, kami berharap mereka bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftar langsung di IKMB,” tambah Adam.
Kegiatan ini juga menjadi bagian dari strategi jangka panjang IKMB dalam memperluas jaringan promosi. Setelah event di Queen City Mall, kampus yang segera beralih status menjadi Agung Putra University ini akan melanjutkan sosialisasi di berbagai Edu Fair di Lampung, Surakarta, dan Semarang dalam waktu dekat. Upaya agresif ini membuktikan keseriusan IKMB dalam menjaring calon mahasiswa baru, sekaligus memperkenalkan transformasi kampus menuju universitas berbasis kolaborasi dengan industri, yang menyiapkan lulusannya untuk langsung terjun ke dunia kerja. (L17’UN).